MASIGNCLEAN101

Wisata Bendungan waduk Cirata Purwakarta

iklan banner
Siang gan apa kabar semua nya, kali ini kita akan membahas tentang tempat wisata bendungan waduk Cirata.
Kita bahas dulu sejarah nya ya guys.

Bendungan Waduk Cirata
Waduk Cirata sebagai salah satu tempat wisata sekaligus sumber perairan yang ada di daerah purwakarta. Waduk ini memiliki luas yang cukup menakjubkan yaitu mencapai 43 ribu hektar, sehingga waduk ini bisa dikatakan sebagai waduk terbesar di Asia Tenggara.
Unit Pembangkit (UP) Cirata, merupakan PLTA terbesar di Asia Tenggara, dengan bangunan Power House 4 lantai di bawah tanah yang mengoperasikannya dikendalikan dari ruang kontrol Switchyard berjarak sekitar 2 km dari mesin–mesin pembangkit yang terletak di bawah bendungan waduk cirata dan akses nya pun melalui terowongan yang di sebut Power House.

Unit Pembangkitan (UP) Cirata mengoperasikan Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA) menggunakan energi air dari waduk (danau) Cirata yang bersumber dari aliran sungai Citarum di Jawa Barat, terletak di Desa Cadas Sari, Kecamatan Tegal Waru, Plered, Purwakarta, Jawa Barat.
 UP Cirata memiliki 8 unit pembangkit listrik dengan total daya terpasang 1.008 MW dengan produksi energi listrik rata–rata 1.428 GWh per-tahun.

Kemarin lusa saya membuat video saat berkunjung kesana dan saya pun di manjakan sama keindahan alam yang luar biasa menakjubkan kami berhenti di salah satu tempat parkir yang ada di sekitar sana dan meninggalkan mobil lalu berjalan menelusuri spot spot indah untuk berfoto bersama dan juga sekaligus bikin video dokumentasi untuk video nya silahkan scroll di akhir postingan.
Sebenar nya banyak hal mistis ,misterius dan aneh di bendungan cirata ini tapi itu tempo dulu sekarang telah berubah menjadi tempat yang indah dan wajib dikunjungi untuk travelller sejati .
Mungkin sudah sampai sini dulu ,di kesempatan selanjut nya kita bahas lagi tempat tempat wisata menarik dan indah lain nya.
Share This :
Unknown